1 Komentar

Bantalan Rel Kereta Api


Nah, ketemu lagi nih di postingan blog IRG. Kali ini gw mau bahas tentang bantalan rel kereta api. Bantalan rel adalah landasan tempat rel bertumpu dan diikat dengan penambat rel. Oleh karena itu harus cukup kuat untuk menahan beban kereta api yang berjalan diatas rel. Bantalan dipasang melintang di rel pada jarak antara bantalan dengan bantalan sepanjang 0,6 meter.

Di Indonesia, cuma ada 3 jenis bantalan rel, bantalan kayu, bantalan besi, dan bantalan beton. Tapi sebenernya kalo di negara lain ada satu bantalan lagi, namanya bantalan slab. Mari kita bahas satu-satu.

Bantalan Kayu

Bantalan kayu adalah bantalan yang pertama kali digunakan dalam bantalan rel. Bantalan kayu tersebut pertama digunakan karena pada waktu itu hanya mengenal kayu dan belum mengenal beton maupun baja. Bantalan kayu digunakan karena pada saat itu kayu mudah sekali didapatkan dan harganya relatif murah. Bantalan kayu memiliki keuntungan dan kekurangan, antara lain

Kelebihan bantalan kayu

  1. Memiliki tingkat elastisitas yang tinggi
  2. Pada saat dilalui terasa nyaman karena tidak mengakibatkan getaran yang tinggi.

Kekuranngan bantalan kayu

  1. Tidak tahan lama, terutama pada yang memiliki curah hujan dan tingkat kelembaban yang tinggi yang mengakibatkan kayu mudah lapuk.
  2. Sulit untuk mencari bahan yang cocok sehingga harganya mahal ( Pada saat ini )
Bantalan Besi
Bantalan besi adalah bantalan yg terbuat dari plat baja. Bantalan besi biasanya dipasang pada lengkungan, tidak pada keseluruhan lintasan kereta api karena harganya lebih mahal dari bantalan beton.Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan bantalan yang terbuat dari baja :
Kelebihan bantalan baja
  1. Lebih kuat untuk menahan beban.
  2. Lebih Tahan Lama.

Kekurangan bantalan baja

  1. Harganya yang mahal bahkan melebihi harga bantalan beton.
  2. Mudah anjlok terutama pada daerah yang berpasir karena memiliki beban yang lebih besar.
Bantalan Beton
Bantalan beton adalah bantalan yg terbuat dari beton bertulang prategang. Pada bantalan beton dipasang juga sebuah angker penambat rel. Pada bantalan rel yang menggunakan beton memiliki beberapa keuntungan, tetapi juga memiliki kekurangan dari pada bantalan rel yang lain. Kelebihan dan kekurangan tersebut antara lain :
Kelebihan bantalan beton
  1. Memiliki daya tahan yang tinggi.
  2. Tahan terhadap cuaca dibandingkan dengan  bantalan yang terbuat dari kayu.
  3. Lebih ekomonis, karena bisa tahan sampek 20 tahun.
  4. Lebih kuat untuk menahan tekanan beban kereta.

Kekurangan bantalan beton

  1. Harga bahan bantalan yang mahal.
  2. Memerlukan ketelitian yang cukup tinggi sehingga membutuhkan tenaga ahli.
  3. Lebih kaku, sehingga getaran yang ada cukup terasa.
Bantalan Slab

Bantalan slab adalah suatu bantalan yang langsung menjadi satu dengan badan jalan yang dicor dalam bentu slab. Investasi untuk pembangunan lintasan dengan bantalan slab sangatlah beasar dari bantalan yang lain seperti beton dan juga baja, tetapi memiliki perawatan yang mudah. Bantalan ini digunakan untuk membangun lintasan kerata api cepat dan arus yang tinggi.

Pada bantalan slab juga memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kekurangan dan kelebihan tersebut antara lain :

Kelebihan bantalan slab

  1. Memiliki kualitas yang sangat tinggi.
  2. Lebih nyaman dari pada bantalan yang lain.
  3. Perawatannya sangat mudah.

Kekurangan bantalan slab

  1. Membutuhkan tenaga khusus dalam pengerjaannya.
  2. Memiliki tinggkat ketelitian yang sangat tinggi.
  3. Membutuhkan dana yang sangat besar.
Nah, itu dia tadi penjelasan tentang jenis-jenis bantalan rel kereta api. Terima kasih udah berkunjung kesini.
Semoga Bermanfaat.. :)
About these ads

One comment on “Bantalan Rel Kereta Api

  1. Terima kasih atas informasinya, selanjutnya jika saya ingin membeli sparepart/ bantalan beton mohon info untuk toko / dealernya.

    Trims
    Ivan Hp 085297485480
    Email : rizki_sempurna@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: