Tinggalkan komentar

Tentang KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik)


Para railfans kalian pasti tahu gambar disamping adalah KRDE Arek Surokerto yang merupakan modifikasi dari KRL ABB Hyundai yang dulu pernah dinas di Jabotabek. Oleh karena itu Hari ini mari kita membahas tentang KRDE yuk yang digunakan di Jalur Kereta Luar Jabodetabek yang kebanyakan rangkaian nya menggunakan diesel.

Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) merupakan suatu bentuk Transportasi Cepat Massal (MRT, mass rapid transport) yang memadukan mesin diesel dengan teknologi yang dipakai pada Kereta Rel Listrik.

Pada KRDE, mesin diesel dipakai sebagai pembangkit tenaga listrik. Energi listrik yang dihasilkan diolah lagi pada VVVF (variable voltage variable frequency) inverter, yaitu suatu rangkaian yang dapat mengubah frekuensi dan tegangan listrik, yang digunakan sebagai kontrol motor induksi. Selanjutnya, output tegangan yang dihasilkan dialirkan ke traction motor (TM) yang ada pada roda. satu TM hanya menggerakan satu roda – jadi dalam satu railcar terdapat empat TM.

Jumlah TM yang ada pada satu set KRDE tergantung dari besarnya daya listrik yang dihasilkan generator. keuntungan dari sistem ini antara lain mesin diesel yang terpusat, getaran yang dihasilkan cukup kecil, tidak begitu bising, dan tarikan (akselerasi) lebih besar (3,7 m/s).

Rangkaian KRDE

Lima unit per rangkaian KRDE tersebut terdiri atas satu unit kereta mesin (engine, KDE) diesel, satu unit kereta ko-trailer, dua unit kabin trailer dan satu unit trailer ditambah kabin masinis. Pada kondisi beban normal 1 set KRDE dapat mengangkut total penumpang duduk dan berdiri sebanyak 920 orang. KRDE ini diberi kode KDE-3, yang berarti KRDE kelas ekonomi.

Selain bekas KRL ABB Hyundai, KRDE di Indonesia juga ada yang dibuat dari hasil modifikasi KRL BN-Holec, seperti KRDE Rencang Geulis, Baraya Geulis, dan PRAMEKS.

About rad122

seorang railfans

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: