1 Komentar

Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api


Selamat malem sobat railfans, ketemu lagi nih sama saya di blog IRG. Setelah kemaren kita udah sharing cerita tentang peresmian KRL KfW i9000 dan K3 AC Gajah Wong yang bikin pengunjung blog ini langsung melonjak, sekarang saya mau sharing ilmu perkeretaapian lagi nih di Sepurpedia. Sekarang saya mau bahas tentang fungsi kerikil di rel.

Kalo kita perhatiin, hampir di semua rel kereta itu pasti dikasih kerikil atau bahasa kerennya ballast. Kita pasti bertanya tanya donk, kenapa harus dikasih kerikil, karena kalo ditaroin onde-onde bisa diambilin orang..šŸ˜€ Haha…

Ternyata, batu kerikil itu emang sengaja ditaro di atas rel, dan ternyata banyak fungsinya lho, nih gw jelasin fungsi-fungsinya.

Fungsi batu kerikil pada rel kereta api yang pertama itu adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil, sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.

Udah gitu, batu kerikilĀ ini berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api lagi lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api. Dimana bila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan kecelakaan serius bagi kereta yang melintas seperti kereta anjlok dan yang lainnya.

Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Tapi, ada juga rel yang gak harus dikasih kerikil, kayak di atas jembatan ato di jalan raya, soalnya fungs batu kerikil udah diambil alih sama mekanisme lain.

Pada jembatan kereta api, jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.

Nah, itulah fungsi kerikil di rel kereta api. Sekian posting dari gw kali ini, terima kasih udah berkunjung kesini.

Semoga Bermanfaat.

One comment on “Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api

  1. Walaupun batu kerikil ini berfungsi d rel , tp masih ada slah menggunakan nya seperti tangan” jail yang sengaja menaro dengan sengaja batu tersebut di tas reL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: