Tinggalkan komentar

JoyRide KRD Bumi Geulis


Hah… Capek rasanya berhasil mendarat di rumah setelah pulang jalan kaki dari Stasiun Batutulis bersama para anggota Infokom Railfans dan satu orang teman.

Jujur, saat admin nulis postingan ini, admin dalam keadaan ngantuk berat karena semalem harus begadangin KRD Bumi Geulis di Sukabumi. Admin mulai bergerak jam 3 sore, di tengah ‘kegalauan’ yang melanda sejak kemarin sampai jam 2 siang. Harap-harap cemas karena anggota belom ada yang 100% jadi ikutan JoyRide.

Ahirnya, jam setengah 3 sore, admin baru dapet konfirmasi ada 2 orang yang di pastiin bakal ikut. Bermodal 4 orang anggota Infokom Railfans dan 1 orang Railfans tamu, kita sepakat kumpul di Stasiun Bogor sore itu juga, mengejar tiket KRD satu-satunya di DAOP 1 yang katanya cuma disediain 500 tiket sekali perjalanan. Hampir jam setengah 4, admin dan 3 orang anggota Infokom Railfans sudah tiba di depan Stasiun Bogor. Kita semua pergi kesana dengan jalan kaki lewat rel    jalur Sukabumi di Selatan. Dari kejauhan, sudah terlihat ada KRD Bumi Geulis stabling di jalur 5 Stasiun Bogor. Kita pun bergegas menuju stasiun. Sesampainya di stasiun, kita langsung membeli tiket KRD seharga Rp. 8.000. Kemudian, masuklah kita kedalam KRD Bumi Geulis yang saat itu lagi di panasin mesinnya. Kita masuk dari kereta paling depan, kemudian kita berjalan masuk mencari tempat duduk yang kosong, sampai akhirnya kita dapet tempat duduk kosong di kereta paling belakang bernomor rangkaian KD2-80202. Sumpah, di dalem situ panas banget. Selain karena penumpangnya udah mulai padet, ditambah pedagang asongan yang nambah suasana jadi panas, ditambah lagi kipas di rangkaian itu cuma ada satu bro… Beuh, mana admin dapet tempat duduk di tengah tengah yang bagian jendelanya gak bisa dibuka. Sekedar info, rangkaian KD2-80202 itu adalah rangkaian yang pintunya cuma ada 2. Waktu menunjukan pukul 4 sore.. Walah, masih harus bersamabr nunggu sejam lagi nih KRD berangkat, tapi nih baju udah mulai banjir keringet. Panas, berisik, pengap, beuh mantap lah suasana di dalem sana. Lebih parah di banding naik KRL Ekonomi ato CL sekalipun.

Satu demi satu KRL pada di berangkatin. Ahh, kapan sih ini KRD di berangkatin, udah pengen buru0buru jalan banget. Akhirnya, tepat jaml 5 sore, KA 230 a.k.a KRD Bumi Geulis di berangkatkan menuju Stasiun Sukabumi dan mulai menginggalkan Stasiun Bogor dengan perlahan. Kecepatan rata-rata paling antara 25-35 Km/H sampai Stasiun Batutulis. Sampe Stasiun Batutulis, udah mulai serem aja nih. Keretanya masa miring begitu pas berhenti, padaha di sebelah kanannya itu ada tebing dan bawahnya jalan raya. Kalo misalnya semua penumpang pada pindah ke kanan, di jamin tu KRD teguling. Stasiun demi stasiun pun di lewati. admin gak sempet baca nama stasiunnya, soalnya sibuk rekamin pemandangan indah di sisi kiri kanan kereta dan juga nyari sinyal hp.

Hari pun mulai gelap. Kereta tetap melaju dengan agak kenceng sedikit. Kalo dirasa-rasa sih kecepatannya hampir serupa sama KRL lah. Sekitar pukul 7 malam, KRD Bumi Geulis pun tiba di Sukabumi. Setelah menunggu penumpang agak sepi, kita pun turun, dan mulai mengadakan ritual foto-foto pertama di stasiun. Setelah puas foto-foto, kita pun pergi ke luar stasiun buat cari makanan. Setelah cari makanan, kita pun balik lagi ke stasiun dan mulai minta izin sama petugas disana. Izin sudah di dapat, tinggal menunggu esok buat pulang lagi ke Bogor.

Waktun baru menjunjukkan jam 7.30 malem. Wah, masih lama banget ini sampe subuh. Kita berlima pun mengisi waktu dengn ngobrol, curhat, sambil bercanda bareng. Wah, seru banget malam itu. Walaupun kita di tinggal sendirian di peron, cz para satpam stasiun pada masuk ke dalem ruangnnya. Kita berlima setia jagain si Bumi Geulis sambil ngobrol bersama dan makan tentunya. Mulai tengah malam, rasa ngantuk dan dingin mulai datang. Satu per satu peserta mulai pada tidur. Tinggal admin sendiri yg belom tidur, sampe akhirnya admin pun tidur sekitar jam 1.30. Tapi sumpah, tidurnya gak enak banget. Selain karena kita tidur di lantai yg cuma beralaskan koran, lantai yg dipake buat tidur juga gak rata, jadinya badan sakit semua kalo tidur.

Baru sebentar admin terlelap, admin dibangunkan oleh suara seperti sebuah grobak roda besi yang berjalan di atas rel. Saat admin bangun, ternyata petugas JPJ (Juru Penilik Jalur) sudah siap dengan kendaraannya. Admin pun lihat jam, dan ternyata baru jam 2.15. Wah, pagi benar petugas JPJ ini bangun. Biasanya setiap pagi, sekitar pukul 6.30, petugas JPJ ini sudah sampai di Bogor. Kendaraan JPJ itu berupa gerobak dengan sepeda moto bebek sebagai penggeraknya di bagian kanan. Kendaraan itu pun didorong sampai depan kantor PPKA Stasiun Sukabumi. 2 petugas JPJ itu pun mulai mulai menstrater motornya supaya bisa nyala, tapi sayangnya, motornya gak mau nyala.

Karena masih ngerasa ngatuk, admin pun milih buat merem lagi, sampai gak lama kemudian admin di bangunkan lagi sama suara adzan. Admin pun bingung, apa bener ini udah adzan Subuh, padahal pas liat jam, jam 3 aja belom. Admin pun mendengarkan dengan seksama suara adzan yang sayup-sayup itu, sampai mendengar kata “Ashalatu khairum minan naums”, admin baru yakin, ini adalah adzan shalat Subuh. Tapi koq masa jam 3 udah adzan yah..? Entahlah.

Gak lama adzan berhenti, dilihat dari kejauhan sang JPJ lagi bongkar mesin motornya, datenglah kru KRD Bumi Geulis dan mulai menyalakan mesin KRD sekitar pukul jam 3 pagi. Wah, disini berarti jam 3 stasiunnya sudah ada kehidupan. Deru suara diesel KRD membangunkan semua anggota, sampai akhirnya berdatanganlah penumpang yang akan naik KRD ini.

Penumpang mulai banyak yang berdatangan. Sepertinya mereka sudah beli tiket, tapi belum bisa masuk ke KRD karena di dalem kru KRD sedang meruba posisi tempat duduk. Ya, sandaran kursi KRD Bumi Geulis bisa dipindah, sesuai arah kereta ataupun bisa dibentuk jadi saling berhadapan. Pukul 3.30, admin dan anggota lainnya mulai membeli tiket. Uniknya, ternyata tiket KRD Bumi Geulis dari Sukabumi itu memakain tiket KA seperti KA lintas Jawa.

Sekitar jam 4, kita pun mulai naik ke dalam KRD bersama penumpang lain. Kebetulan, di dalam ada penjual minuman hangat. Admin pun langung membeli minuman susu jahe dan kemudian di ikuti sama anggota lain. Lumayan setelah kedinginan tidur di luar, akhirnya dapet yang anget-anget juga.

Penumpang masih berdatangan, sampai akhirnya jam stasiun menunjukkan pukul 5.10, KRD Bumi Geulis meninggalkan Stasiun Sukabumi dan melesat menuju Stasiun Bogor. Karena sepanjang perjalanan admin tidur, admin tidak bisa ceritakan apa-apa, yang jelas goyangan KRD ini amat terasa, kayanya sih lagi di geber di kecepatan 70 kmh kali.

Sekitar pukul enam, matahari mulai menyinari seisi KRD, admin pun bangun dan mulai menikmati pemandangan pagi jalur Bogor-Sukabumi dengan panorama Gunung Salak yang di selimuti kabut tipis, membuat admin langsung mengeluarkan kamera dan merekam momen-momen indah di sana.. Hahai..

Sampai di stasiun Cigombong KRD ini serasa terbang melintasi jembatan sungan Cisadane yang cukup tinggi. Kita pun sepakat untuk tidak turun di stasiun Bogor dan akan mengakhiri perjalanan di stasiun Batutulis saja supaya bisa merekam KRD ini dari luar. Sampai stasiun Batutulis, kita pun langsung berjalan mencari spot yang enak untuk mulai merekam KRD ini.

Gak sempet liat jam, KRD Bumi Geulis pun di lepas PPKA stasiun Batutulis setelah di beri semacam kertas dan diberi tanda hijau yang diangkat. Akhirnya KRD itu pun berjalan dengan perlahan meninggalkan stasiun. Dan pada saat melewati admin dan teman-teman yang lagi rekam, Sang masinis memberi kode dengan menyalakan lampu dan juga ditambah Semboyan35. Ahh, akhirnya KRD ini melinta di hadapan kita.

Setelah KRD lewat, kita pun melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sampai stasiun Bogor. Melewati perkampungan penduduk, melemati kolong jembatan, dan meniti jembatan rel di atas jalan Empang. Akhirnya, sampai di Mall BTM, admin pun berpamitan untuk berpisah jalur dengan anggota yang lain dan melaunjutkan perjalanan sampai di rumah.

Senang rasanya hari ini admin bisa merasakan naik KRD ke Sukabumi. Karena KRD Sukabumi ini lah kereta api pertama yang admin liat pada saat admin masih balita.

Terima kasih yang sudah baca postingan ini, dan juga terima kasih buat teman-teman anggota Infokom Railfans yang menemani admin selama seharian ini naik KRD Bumi Geulis.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: